Oy guys, cara dagang semakin kesini semakin kompleks dan banyak ragamnya. Ada yang live produk di e-commerce, sosial media, status dan lain sebagainya.

Barubeberapa hari yang lalu, Shoppe menggandeng platform populer Youtube merilis fitur khusus untuk mempermudah kreator untuk menawarkan produk yang terafiliasi.

Namanya Youtube Shopping Affiliate. Sama seperti sebelah, platform ini punya fitur memudahkan dalam berbelanja saat melihat produk di review atau dispill di video. Link nanti akan mengarah ke Shoppe Affiliate untuk melanjutkan checkout dan memproses pengirimannya.

Syarat Mendaftar Youtube Shopping Affiliate

Contoh Tampilan Youtube Shopping Afiiliate | by Shopee

Dilansir dari Shopee, YouTube Shopping Affiliates adalah program dari Shopee untuk mempromosikan produk melalui video di YouTube. Program ini memungkinkan Kreator YouTube untuk menghubungkan produk yang Anda jual di Shopee dengan cara memberikan tag pada produk Anda di dalam video, sehingga dapat diakses oleh Penonton.

Bila anda seorang affiliator atau yang mempromosikan barang untuk mendapat komisi dari setiap penjualannya, anda memerlukan akun Shopee yang telah terdaftar kedalam program Shopee Affiliate.

Untuk anda seorang Youtuber atau pemilik kanal Youtube, anda harus memenuhi syarat sebagai berikut

  • Channel Anda tergabung dalam Program Partner YouTube.
  • Channel Anda harus memiliki lebih dari 10.000 subscriber.
  • Anda tinggal di Amerika Serikat, Korea, dan Indonesia.
  • Channel Anda bukan channel musik, Channel Artis Resmi, atau terkait dengan partner musik. Partner musik dapat mencakup label musik, distributor, penerbit, atau VEVO.
  • Konten channel Anda tidak ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak, dan jumlah video yang ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak di channel Anda tidak signifikan.

Bila anda sudah memenuhi syarat tadi, anda bisa mendaftarkan channel anda ke program ini. Cara mendaftar Youtube Shopping Affiliate

  1. Buka YouTube Studio 
  2. Dari menu bawah, ketuk Penghasilan.
  3. Jika Anda memenuhi syarat, bagian yang berisi program afiliasi akan tersedia. Pilih Mulai.
  4. Di bagian bawah layar, klik Aktifkan.
  5. Tinjau dan setujui Persyaratan Layanan Program Afiliasi YouTube Shopping.

Anda sudah tergabung. Anda dapat mulai memberi tag pada produk di konten Anda. Pastikan untuk mengikuti panduan pemberian tag.

Baik sebagai Youtuber atau Affiliate produk atau keduanya bisa mendapatkan benefit yaitu berupa komisi Produk untuk seluruh Affiliate termasuk Kreator YouTube dan Komisi Khusus untuk Kreator YouTube saja. UNtuk infonya cek saja halaman Shopee dan Laman Youtube anda.

Program Youtube Shopping Affiliate ini baru saja resmi meluncur dan langsung gas bisa mendaftar. Jenis video yang bisa anda manfaatkan mulai video Youtube biasa, shorts dan live streaming.

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *