Oy guys, ketika sudah kenyang ngoding, tes, debug, ngoding, tes, debug di local enviroment lalu berasa sudah stable dan sudah dapet apa yang diingini lanjut untuk siap meluncur ke publik.

Simplenya saat meluncurkan app ke publik kita perlu pasang dan run aplikasi ke sistem yang lebih powerful, online dan sudah tersetting sedimikian rupa biar kita lancar dalam maintain sama pengembangan lebih lanjut.

Mudahnya dari pada beli Server, nyeting software cari tempat sama konek ke provider Internet, kita bisa menggunakan hosting biar lebih mudahnya. Hosting punya banyak macam dari yang paling murah sampai yang paling lancar performanya.

Hosting punya banyak pilihan provider juga dari yang jelas kualitasnya sampai yang paling murah. Dan hostingan di beberapa marketplace seperti Shopee

Sebenarnya sempet ragu, beneran hosting web pertahun bisa dibawah 100rb? sama sudah ada doimainnya?

Hati ini tergerak untuk mencoba pengalaman baru dan hasilnya…

Hosting

server

Hosting punya banyak jenis yang bisa dipilih sesuai budget dan kemampuan. Ada yang shared hosting, virtual private server, dedicated dkk yang pernah dibahas disini..

Okay saatnya buka Shopee dan milih-milih hosting yang akan dibeli.

Sampai ketemu hosting murah per tahun hanya 60k-an dan bisa diperpanjang. Pertama seperti biasa lihat-lihat detail, rating sama chat ke penjual apa aplikasi kita bisa berjalan di hosting tersebut.

Setelah yakin saatnya lanjut ke pemesanan.

Disini penjual akan meminta email yang aktif dan nama domain yang akan kita gunakan. Ekstensi domain pastinya my.id karena murah juga untuk perpanjang.

Kemudian singkatnya setelah semua proses selesai, kita tinggal login ke penyedia hostingnya lalu kita bebsa me-manage hostingnya.

ArenHost paket Cheap Hosting

Kebetulan disini saya dapet namanya ArenHost dimana jenis hostingnya lumayan juga, Shared hosting tapi unlimited.

Update: Paketnya Arenhost yang direview disini adalah paket Cheap Hosting Guardian dari marketplace-nya.

Huhh?!

Hosting ini termasuk shared alias satu server dipakai bareng – bareng namun pembagian resourcesnya tidak dibatasi. Mau 2 GB / 10 GB bebas.

Namun seperti biasa tipikal Unlimited hosting ada batasan jumlah file atau node. Semakin komplek dan banyak file program projek, semakin terbatas penempatan upload file-filenya. Node disini dibatasi hanya 150,000 saja.

Ada lagi pembatasan bandwidth yang lumayan besar dapetnya, sekitar 975GB nan untuk bandwidth yang berlaku selama satu tahun.

Update : Untuk bandwidth disini 975GB / bulan ternyata, nice! Thanks infonya

UNtuk program support yang dicoba baru PHP, hosting ini juga support Node JS, Phyton sama Ruby

Kelebihan

Okay kita mulai dari kelebihan. Sudah sekitar hampir 3 bulan mainin hosting ini, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari hosting murah marketplace ini.

Pertama cost atau harga yang mahasiswa banget. Yess hanya bermodal nggak sampai cepek sudah bisa dapet CPanel full fitur.

Dari manage domain, backup, cron job, database, PHP manager, Email dan sebagainya. Dijamin kalau buat belajar deploy ke internet dan CPanel, hosting ini lebih bagus dari legenda gratis tiga 0.

Kedua Hosting Unlimited, nggak perlu urusi hitung-hitungan resources dulu. Bila masih pemula rekomended buat yang pingin piece of mind dan mencari tahu aplikasi yang dibuat membebani server atau tidak.

Ketiga support CS yang lumayan responsive walau produk murah. Pernah sempet down tidak bisa konek ke websitenya, coba hubungi CS-nya ternyata lumayan responsive dan menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Untuk harga dan supportnya, sudah aman dan bisa bikin tentram.

Keluh Kesah

Lanjut apa keluh kesahnya hosting murah? Sini abang jelasin wkwk

Pertama, performa. Yess untuk urusan bandwidth dan kapasitasnya tidak perlu dikhawatirkan. Tapi yang bikin cemas adalah performanya.

Sebagai shared hosting biasa performa server akan dibagi-bagi dengan penghuni server yang sama. Disini performa server hanya di rank usable alias ya bisa digunakan, nggak terlalu buru dan enggak terlalu baik juga.

Server sering bengong dan kadang dapat down dan up secara tiba-tiba. Dulu pernah sempat down sekitar 3 hari baik web projectnya dan login ke hostingnya, setelah tanya CS ternyata pas mereka sedang memindahkan server ke tempat yang baru. Ngepas ini wkwk

Ya mohon maklum karena harga yang sudah terjangkau juga

Kedua, belum nemu lagi. Setidaknya hanya masalah performa yang mungkin jadi kendala sejauh ini.

Mungkin bila ada keluh kesah lain dari temen-temen boleh share juga dibawah

Rekomended?

Kembali ke inti pembahasan, apakah hosting murah di marketplace rekomended?

Bila anda seorang pelajar, antusias dang pingin hosting untuk personal. Hosting ini sangat cocok untuk anda. CPanel dan sudah dapat domain dan bisa perpanjang tahunan harga flat(dari deskripsi tokonya).

Namun bila anda seorang pebisnis dibidang perangkat lunak yang ingin cari hosting buat client tapi harga murah. Hosting ini (khususnya paket Cheap Hosting) bukan untuk anda.

Karena keluh kesah terbesar soal performa yang belum bisa diandalkan. Takutnya down bila sudah di tangan client. Dan tentu bisa pengaruh juga ke kredibel kita.

Hosting Arenhost Paket Cheap Hosting ini sangat cocok buat para pelajar, mahasiswa, personal use dan tentu kurang cocok untuk bisnis apalagi perusahaan.

Update : Ohh ya bener, Arenhost yang dipakai ini adalah paket yang paling murah Cheap Hosting Guardian. Tersedia paket lain dari Hosting ini mungkin akan berbeda performa dan uptime-nya. Thanks sudah mengingatkan!

Bila ingin kepoin lebih banyak, langsung aja kunjungi website resmi mereka disini.

Akhir Kata

Programmer atau Software Developer sudah semakin banyak. Sekarang sudah biasa dijumpai seseorang yang bahkan sudah punya website atau hosting sendiri.

Hosting Murah dari Marketplace contohnya Arenhost ini salah satu solusi tampil kece berteknologi tanpa merogoh kocek yang dalam.

Sekian review kali ini tentang Hosting Murah dari marketplace. Tanpa perlu asap dan cermin itu lah pengalaman saya memakai hosting murah Arenhost. Share bila bermanfaat. Thanks!

Shares:
4 Comments
  • ArenHost
    ArenHost
    26 Agustus 2024 at 09:17

    Hehe, makasih nih sudah di review sebelumnya saya mampir disini hanya sekedar untuk klarifikasi bahwa bandwidth 975GB itu untuk sebulan dan bukan setaun, jadi tiap bulan akan kereset , lalu untuk paket cheap hosting memang diperuntukan untuk pelajar dan memang memiliki kapasitas kecil , untuk paket Guardian( paket yang direview di artikel ini) hanya memiliki cpu 0,75 core dan ram 512mb, itu menyebabkan penggunaan untuk web dengan resource besar akan lumayan lemot dan kadang down(ya maklukin aja harganya aja cuma 50ribuan setaun😅, tujuan kami bikin paket ini juga agar pelajar2 Indonesia bisa lebih mengerti web development dan bisa belajar dengan harga terjangkau, cuma emang banyak orang yang salah mengartikan dan dianggap bisa digunakan untuk web berat, mungkin itu juga kesalahan kami karena tidak memberikan warning sebelumnya, mungkin kedepannya akan kami berikan warning bahwa itu dibuat untuk pelajar😀)

    Tetapi jangan khawatir, kami juga punya paket tinggi untuk bisnis dan web2 perusahaan yaitu paket business hosting https://ArenHost.id/business-hosting

    Kalau misal dicermati di web kami, kami memiliki beberapa client perusahaan (https://arenhost.id/customer), nah kalau ditanya kenapa web2 mereka bisa bagus dan tidak down, maka jawabannya adalah karena mereka memakai paket business hosting dari kami(bukan yang cheap hosting) jadi memang sudah ada kelasnya masing2

    Reply
    • Feriansyah
      26 Agustus 2024 at 13:43

      Ohh yaa bener, paket yang direview ini adalah Paket Guardian, paket yang didapat dari marketplacenya Arenhost.
      Beberapa poin artikel sudah kami update agar tidak misleading, thanks 🙌

      Reply
    • Didik
      Didik
      07 September 2024 at 06:38

      Kak, saya menggunakan paket bisnis.
      sudah buka tiket namun lebih dari 24 jam belum ada solusi, dan tiba-tiba tiket ditutup dengan alasan tiket sama. padahal saya cuma punya 1 tiket itu. hingga saat ini masalah belum teratasi
      mohon bantuanya

      Nomor tiket #654968

      Reply
      • ArenHost
        ArenHost
        10 September 2024 at 17:55

        Halo ka apakah masih tidak bisa? Karena sepertinya saya cek ticket Kaka sudah diatasi oleh tim Kami

        Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *