Oy guys, nge-game sekarang jauh lebih dimanjakan dengan peralatan gaming yang portabel dan bisa dibawa kemana-mana. Dari konsol sampai sekarang PC yang bahkan bisa dibawa kemana-mana.

Setelah sukses dengan Steam Deck, yang menyajikan pengalaman main game PC Triple A di mana saja dan kapan saja. Kini banyak brand yang meracik produk serupa buat memanjakan para gamer.

Bicara soal gaming portabel, sebenarnya ada yang bisa gaming dan dibawa kemana-mana, yes HP Gaming.

Kasta HP satu ini agak beda dibanding HP high end mainstream lainnya. Dimana pabrikan fokus nge-push performa chipset mobile dan dibekali cooling optimal yang tersaji dalam dimensi HP biasa.

Karena harga baru kedua device ini memang mirip atau kadang lebih murah, apakah produk Handheld Gaming PC lebih masuk akal dan menguntungkan dibanding memilih HP Gaming yang sudah ada dipasaran?

Pengalaman Gaming Portabel

Advan X Play
Advan X Play | by Selullar ID

Pertama, kita bicarakan fungsi utamannya dulu, nge-game portabel alias dimana saja dan kapan saja.

Kedua device ini tentu sudah bisa menyajikan pengalaman nge-game yang optimal baik performa dan cooling.

Handheld Gaming PC biasanya memiliki layar lebih lebar dengan hadirnya tombol fisik yang built-in dari navigasi sampai trigger-nya.

Handheld Gaming PC juga punya dimensi yang labih besar jika dibandingkan HP Gaming, itu membuat koponen seperti fan cooling bisa ditanam untuk cooling lebih baik.

Disisi lain, HP gaming punya dimensi yang lebih slim dan ringan, lebih pas dibawa kemana-mana dengan fungsi lebih lengkap untuk komunikasi portabel dibanding Handheld Gaming PC (namanya juga HP).

Namun juga ada beberapa hp gaming yang dilengkapi tombol fisik trigger atau aksesoris tambahan seperti joystick dan cooling tambahan untuk dipasangkan.

Bila dibilang mana yang memberikan pengalaman gaming portabel yang juara, keduanya lebih dari cukup melakukan tugas ini namun dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

PC Gamining Handeld biasanya sudah built in controller fisiknya. Dengan dimensi yang lebih besar, biasanya memiliki chipset yang lebih powerful dengan sistem pendinginan yang lebih baik.

Namun dimensi yang lebih besar dan bobot yang lebih berat mungkin membuat berat ditangan bila waktu main yang panjang dan sedikit susah untuk dibawa kemana-mana.

Di sisi lain, HP Gaming lebih cocok untuk dibawa kemana mana. Selain dimensi yang lebih compact, HP Gaming juga ringan dengan fungsi sebagaimana HP pada umumnya.

HP Gaming juga bisa ditambahakan controller fisik dan cooling tambahan namun biasanya dijual terpisah sebagai aksesoris tambahan, walau tanpa aksesorispun HP gaming memberikan pengalaman nge-game portabel yang maksimal juga.

Pilihan Game yang Tersedia

Nubia Red Magic 6
Nubia Red Magic 6 } by TechRadar

Secara umum, kedua device ini memiliki sitem yang berbeda.

Handheld Gaming PC biasanya memiliki platform Windows atau Linux, yang dimana dirancang dapat memainkan game PC di device yang portabel didukung dengan launcher favorit seperti Steam, Epic Games, dll.

Untuk urusan kelengkapan koleksi game yang bisa dimainkan tidak diragukan lagi. Handheld Gaming PC dapat memainkan sampai jenis Triple A sekalipun.

HP Gaming biasanya memiliki platform Android dengan banyak koleksi game popular yang bisa di install.  Enaknya, ada beberapa game popular yang memang dioptimasi khusus berkat kerja sama brand dengan game developernya.

Jadinya performa bila memainkan game-game popular di HP Gaming menjadi lebih baik karena adanya optimasi tersebut.

Kedua platform ini punya game eksklusif yang mungkin tidak dapat dimainkan satu sama lain. Tapi tidak menutup kemungkinan semua bisa kejatah, tergantung game dev-nya.

Karena basis PC, Handheld Gaming PC cocok buat gamer yang sudah punya PC Gaming atau fokus nge-game di komputer namun pingin main portabel.

HP Gaming cocok buat gamer yang ingin lebih kompetitif di game – game popular di mobile, yang ingin performa maksimal dengan waktu main yang lebih panjang dari device HP biasa.

Fungsi Lain Selain Main Game

MSI Claw
MSI Claw

Yes, kedua device ini bisa difungsikan selain hanya untuk main game.

Karena PC, Handheld Gaming PC ada yang bisa menjadi PC portabel dimana pengguna bisa memakai mouse dan keyboard serta display untuk dijadikan PC Windows pada umumnya.

Pengguna bisa mengetik, mengolah data excel, dll layaknya PC pada umumnya. Hmm tentu harus memiliki ketiga perangkat biar bisa optimal digunakan selain buat ngegame.

Sesuai namanya, HP gaming tentunya HP yang optimal saat gaming. HP gaming layaknya hp Android pada umumnya bisa pengguna pasang berbagai aplikasi komunikasi dan produktif lain.

Selain itu, HP gaming bisa digunakan untuk memotret, video call, mobile banking, dan sebagainya

Desain dan dimensi yang slim, membuat HP Gaming terlihat normal digunakan menjadi HP biasa.

Kesimpulan: HP Gaming Masih Relevan?

ROG Phone 8
ROG Phone 8

Handheld Gaming PC dan HP Gaming punya strength dan weak sendiri-sendiri. Satu punya performa paling juara dengan game kualitas terbaik, satunya punya wujud yang practical dengan game popular yang teroptimasi dengan baik dan fungsi yang bisa dibawa sehari-hari.

Satu dengan yang lain tidak bisa dikatakan pengganti dari yang lain.

Bicara soal performa wujud yang paket lengkap dan game berkualitas serta yang murah, Handheld Gaming PC bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun bila mencari device compact masih di performa game popular optimal, fungsi lain yang menjadi bisa di ajak kemana-mana (HP) dan bisa nyicil kelengkapan aksesoris biar lebih optimal, HP Gaming menjadi pilihan terbaik.

Terserah mau pilih mana, untuk gaming portabel keduanya menjadi pilihan terbaik sesuai kebutuhan.

Thanks telah membaca sampai tuntas, support Fishertekno dengan share dan like fanspage kami link ada di header atas. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan. Have a good match!

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *