Ilustrasi DNS Server

Oy guys. Saat kita menjelajah internet, kita biasa mengetik alamat domain contoh google.com dan jreng tampil halaman depan mbah Google. Dalam proses ini sebenarnya kita meminta dan bertukar data melalui alamat IP server dari sebuah situs yang kita tuju tadi. 

Yang contoh 172.217.194.139 untuk google.com dan 172.67.210.130 untuk fishertekno.com. Jadi dalam mentranslate atau menemukan alamat IP sebuah situs ada server sendiri bernama DNS atau Domain Name Server.

Makin cepat kita menemukan alamat IP server koneksi kita juga akan lebih responsive tentunya. Nah untuk itu nih beberapa alamat DNS populer dan terbaik yang mungkin bisa Anda coba. Yuk selami lagi

Domain Name Server (DNS)

Ilustrasi DNS

Sebelum menggunakan DNS khusus atau custom, kita lihat dulu fungsi dari DNS itu sendiri apakah sesuai dengan ekspektasi nih nanti.

Dilansir dari diskominfo Kuburayak, DNS adalah server yang bisa melayani permintaan untuk mengetahui sebuah IP address yang digunakan oleh suatu domain. Permisalan mudahnya , saat anda ingin mengakses facebook.com maka server DNS yang akan mencari IP address dari facebook sehingga komputer anda dapat mengakses facebook.

Singkatnya DNS adalah sebuah sistem yang punya fungsi memberikan sebuah alamat IP resmi dari suatu layanan yang terhubung di internet agar dapat terhubung diakses oleh client atau pengguna internet.

Jadi penggunaan DNS khusus kadang bisa pula membatu kecepatan dan respon bila DNS biasa lebih lambat responnya.

Daftar DNS Khusus untuk Smartphone

Setiap provider DNS punya kecepatan pencarian yang berbeda juga, Contoh yang tercepat saat ini dari DNS Cloudflre tercatat punya respon 13.88 millisecond dan uptime  selalu on 99.96%.

Yap dan berbeda dengan komputer yang alamat DNS berupa IP, DNS khusus untuk ponsel berbeda yakni memakai link. Berikut kumpulan link

1. CloudFlare DNS (Recommended)

1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com

2. Adguard DNS [Adblocking Supported]

dns.adguard.com

3. Uncensored DNS

anycast.censurfridns.dk
unicast.censurfridns.dk

4. Google DNS

dns.google

5. Quad9 DNS

dns.quad9.net

6. Tiar DNS [Adblocking Dns Supported] (Recommend)

dot.tiar.app

7. Zero Trust DNS by Cloudflare

tjkxjitq0w.cloudflare-gateway.com

Cara memakainya dengan membuka pengaturan lalu cari ‘DNS khusus’ atau ‘DNS’ kemudian set ke DNS khusu lalu tempel salah satu alamat DNS diatas. Tutorial lengkapnya, bisa anda buka disini.

Okay, sekian artikel kali tentang kumpulan link custom DNS atau DNS khusus untuk Smartphone. Beberapa penyedia juga punya aplikasi tersendiri untuk mempermudah juga. Thanks to grup realme C3 Indo buat list DNSnya. Sekian semoga bermanfaat.

Matur nuwun.

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *