Aplikasi Simulasi CAT SKD CPNS Tahun 2021 Pilihan

Oy guys. Sebelumnya perekrutan ASN atau Aparatur Sipil Negara ditunda di tahun 2020 dikarenakan situasi pandemi yang menyerang Indonesia. Kabar baiknya perekrutan ASN baik untuk CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil ataupun PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2021 kembali di buka dan serentak pada akhir bulan Mei 2021 ini.

Bilan rekan-rekan mengincar untuk mendaftar sebagai PNS atau PPPK non-guru, tahapan seleski nantinya ada dua tahap penilaian yaitu SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar dan SKB atau atau Seleksi Kompetensi Bidang. Kedua tahap seleksi tersebut akan dilaksanakan menggunakan sistem tes berbasis CAT.

Dikutip dari artikel Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bikrokrasi, CAT atau Computer Asissted Tes adalah tes seleksi CPNS berbasis komputer, dimana nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.

CAT untuk SKD nanti akan ada tiga buah kelompok tes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), soal tes intelegensi umum (TIU), dan soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk mempersiapkan menghadapi tes CAT SKD CPNS dan PPPK non-guru 2021, kita dapat memanfaatkan aplikasi ponsel pintar baik mempelajari materi, tips & trik serta simulasi langsung lewat ponsel pintar.


Ada beberapa aplikasi di Play Store dengan rating tinggi dengan ukuran kecil, aplikasi yang ringan dan UI yang menarik. Dengan belajar mandiri lewat aplikasi, harapan kita pasti dapat mengetahui materi dan gambaran tes CAT SKD CPNS 2021 nanti dan tentu dapat lulus dan diterima di formasi yang kita tuju.

Computer Asissted Tes atau CAT

Logo CAT BKN

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CAT atau Computer Asissted Tes adalah tes seleksi CPNS berbasis komputer, dimana nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.

CAT sendiri hadir sejak tahun 2013 yang merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi CPNS. Tujuannya untuk memperoleh ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, dan etika profesi dalam melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan.

Penggunaan sistem CAT digunakan baik untuk formasi umum maupun formasi khusus. Dilansir dari persiapan pengadaan CASN Tahun 2021, formasi khusus untuk tahun 2021 nanti  antara lain: Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Diaspora.


Dilansir kembali dari sumber yang sama, SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar untuk PPPK non-guru 2021 juga akan menggunakan CAT ini. Pelaksanaan CAT SKD untuk PPPK non-guru ini dijadwalkan setelah SKD CAT CPNS selesai diselenggarakan di masing-masing lokasi.

Dkutip kembali dari artikel Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bikrokrasi, pelaksanaan CAT sendiri dilaksanakan di ruang ujian dengan soal yang didapat masing-masing peserta berbeda-beda. Pengawasan ujian dilakukan oleh pengawas ujian serta CCTV ruangan.

Tes dilakukan selama 90 menit dengan 100 butir soal yang diujikan untuk SKD. Soal tersebut terbagi menjadi tiga kelompok, yakni 30 tes wawasan kebangsaan (TWK), 35 soal tes intelegensi umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Setelah SKD dinyatakan lolos, peserta akan menjalani tes berikutnya yaitu SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang. Jenis tes ini akan menguji kemampuan dan pengetahuan atas keahlian bidang yang dimiliki. SKD dapat pula menggunakan CAT dalam bentuk ujiannya.

Aplikasi Simulasi CAT SKD CPNS

Setelah mengetahui gambaran CAT nantinya, sekarang mulai persiapan bertempur. Banyak sumber yang dapat kita tempuh untuk belajar dan tryout simulasi ujian nanti, salah satunya menggunakan aplikasi di ponsel pintar. Selain sudah di satu tempat, aplikasi berikut dapat memberikan simulasi CAT mulai dari timer hingga nilai yang juga langsung keluar.


Semua aplikasi berikut gratis namun terdapat iklan saat digunaan. Berikut rekomendasi aplikasi simulasi CAT tahun 2021:

BANK SOAL 2021 TES CPNS ASN PPPK CAT TPA SKD TWK

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana namun ringan. Terdapat materi dan tips trik untuk masing-masing kelompok soal SKD. Aplikasi ini telah diunduh 500 ribu dengan rating 4.7 di Play Store. Cek aplikasinya disini.

Smart BTW – Aplikasi CAT/UTBK Online

Aplikasi ini menyuguhkan tampilan yang menarik dan nyaman untuk belajar. Aplikasi ini menyediakan materia dan tryout soal gratis SKD dan juga SKB. Aplikasi ini tak hanya untuk simulasi CAT, namun juga mencakup UTBK untuk seleksi keperguruan tinggi. 

Aplikasi diunduh 50 ribu dengan rating 4.8 dengan ukuran aplikasi 20 MB. Cek aplikasinya disini.

CAT CPNS TERBARU 2021

Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan serta memiliki desain UI yang baik. Aplikasi simulasi ini berisi soal CAT CPNS untuk SKD yaitu TWK, TIU, TKP. Memiliki rating 4.5 dengan jumlah  unduhan 500 ribu. Cek aplikasinya disini.

Tes CAT CPNS Terbaru 2021


Rekomendasi aplikasi simulasi tes CAT 2021 ringan lainnya. Aplikasi ini berukuran 13 MB dengan tampilan nyaman dan sederhana. Terdapat ateri ujian, simulasi tes dan informasi seputar CPNS dan PPPK. Dengan 10 ribu unduhan dan rating 4.7, aplikasi dapat dicek disini.

CAT CPNS 2021 Terbaru dan Terlengkap

Aplikasi sedikit besar daripada yang sebelumnya sekitar 16MB. Memiliki fitur simulasi tes SKD dimana mencakup TKP, TIU dan TWK. Selain itu tersedia pula materi dan tip trik dalam pengerjaan. Aplikasi telah diunduh sebanyak 10 ribu dengan rating 4.6, dapat dicek disini.

Simulasi CAT BKN

Terakhir sebenarnya lebih ke website dari pada aplikasi. Simulasi ujian CAT dimana langsung dari penyelenggara. Anda perlu membuat terlebih dahulu akun untuk simulasi CAT, tenang akun ini nanti bukan digunakan untuk ujian CAT yang nanti dihadapi. Anda dapat memulai simulasi ujian serta melihat hasilnya dari ponsel ataupun komputer.

Untuk memulai bisa langsung kunjungi website resminya disini.


Tips dan Jadwal (Bonus)

Dkutip kembali dari artikel kementrian, Denisa Ruvianty, Salah satu CPNS 2018 Kementerian Pariwisata menyampaikan tips. Menurutnya, mendahulukan soal yang dianggap mudah akan lebih memaksimalkan pengerjaan SKD. “Dahulukan mengerjakan soal TWK dan TKP, karena soal TIU membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghitung-hitung,” ungkapnya.

Jadwal Tes untuk CAT SKD CPNS maupun PPPK non-akademik 2021 dimulai Juli sampai dengan September 2021. Kemudian SKB akan dimulai dari September hingga Oktober 2021.

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Sekian artikel tentang aplikasi simulasi tes CAT SKD CPNS Tahun 2021. Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam perjalanan panjang dan lolos menjadi ASN di daerah yang dituju guna membantu Indonesia lebih maju. Share bila bermanfaat, matur nuwun.

Baca kembali tentang CAT disini | Web resmi pendaftaran disini

Unduh jadwal dan alur resmi Persiapan dan Pengadaan CASN 2021 disini

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *