Oy guys. Tak terasa peradaban manusia sudah berlangsung lama, sekarang banyak terbentuknya negara-negara dengan keunikan bahasa dan budayanya masing – masing. Bahasa banyak sekali macamnya serta dalam penulisan tidak semua memiliki huruf yang sama. Yap salah satunya Arab, Jepang, Cina, Korea, dll memiliki jenis penulisan yang unik.

Cara mudah translate bahasa lewat foto

Dalam translate atau pengalihan bahasa, kita mudah mencari arti dari bahasa asing yang penulisannya menggunakan huruf abjad atau alphabet. Karena memang penulisannya sama dengan Bahasa Indonesia. Namun untuk bahasa non alphabet apalagi tidak bisa di copas?

Ada cara mudah mentranslate bahasa non alphabet ini hanya dengan meng-upload foto ataupun memfoto kata yang ingin di translate. Fitur yang digunakan adalah Google Lens, dimana sudah ada didalam aplikasi Google terbaru.

Translate lewat upload foto

Seperti diatas tadi, kita akan menggunakan fitur Google Lens di dalam aplikasi Google. Bila fiturnya tidak ada, bisa langsung unduh Google Lens disini. Baik ini dia

1. Buka aplikasi Google, lalu klik logo Lens

Buka Google, tap ikon lens

2. Pada bagian bawah, geser dan pilih translate

Bagian bawah pilih terjemahan

3. Tap logo gambar lalu pilih gambar yang ingin di translate

Pilih gambar yang ingin diterjemahkan

4. Selesai, hasil translate sudah muncul

Contoh file gambar bahasa Arab
Contoh file gambar
Hasil terjemahan dari file gmabar
Hasil terjemahan


Translate lewat memotret

Bila tulisan bentuknya sudah cetak, kita tetap bisa mentranslate-nya dengan cara memotret objek tersebut.

1. Buka Google, pilih lens

Buka Google pilih  Lens

2. Geser ke translate

3. Foto objek yang ingin diterjemahkan

Contoh buku petunjuk elektrionik

4. Selesai hasil tanslate sudah bisa nampak

Hasil translate dari foto

Selesai, hasil translate bisa langsung tampak dan tersusun langsung didalam gambar. Kualitas translate seperti biasa tergantung dari mbah Google, kadang bagus kadang juga berantakan, setidaknya bisa tahu sedikit.

Google lens ini selain bisa mentranslate bisa juga untuk pencarian, copas teks dari foto dan tanya tentang PR juga bisa, wew.


Akhir kata

Peradaban sekarang memang sudah sangat maju. Dalam mencari informasi saja sudah sangat praktis dan mudah dimana saja dan kapan saja. Sekian tips kali ini tentang translate bahasa asing non Alphabet hanya lewat foto.

Matur nuwun

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *