Ilustrasi Penggunaan Smartphone

Oy guys. Dengan adanya teknologi jaringan 5G membuat waktu akses internet yang lebih cepat membuat waktu loading dalam nontn video HD kini sudah jarang terlihat. Namun dengan adanya teknologi cepat ini bagaimanakah jaringan lama yang dulu sudah ada? Tenang masih ada kok, setidaknya untuk sekarang

Dilansir dari Tekno Kompas, Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah ada rencana untuk melakukan penghapusan jaringan 3G ini. Namun rencana ini masih dalam tahap kajian dengan mempertimbangkan faktor penyediaan sinyal 4G dan kepentingan pengguna layanan.

Namun sebelum menjadi kebijakan operator Telkomsel dan XL sudah mulai melakukan penghapusan jaringan 3G mereka tahun ini.

Sebenarnya faktor apa yang membuat pemerintah ingin menghapus 3G? Dan bagaimana dengan pengguna dengan HP yang hanya bisa 3G tersebut?

3G Teknologi Lama

Jaringan 3G

Benar saja , teknologi jaringan yang sudah ada sejak 2001 ini memang membawa banyak cerita namun sudah outdated untuk dipakai sekarang.

Dilansir dari Tekno Kompas, kecepatan 3G sendiri di Indonesia rata-rata hanya 2 Mbps dan kecepatan maksimumnya diangka 14 Mbps saja. Tentu bila digunakan untuk sekarang seperti stream dan zoom dirasa akan mengalami kendala.

Dibandingkan dengan kecepatan 4G yang dari spesifikasi teknis mulai dari 10Mbps hingga 1Gbps dan dengan latency yang lebih baik dibandingkan 3G.

3G Membebani Bandwidth

Sama seperti ruangan, jaringan punya “tempat” yang terbatas pula. Dilansir dari pendapat pak Hendro lewat Tekno Kompas, “Layanan 3G memakan bandwith yang lebih besar untuk besaran kapasitas yang sama dengan 4G, sehingga secara teknis dia membebani jaringan,”

Jaringan 3G dan 4G di Indonesia ditempatkan di spektrum yang sama yakni 900MHz, 1800MHz dan 2100Mhz. Karena sama, bekas bandwidth 3G bisa dialokasikan ke jaringan 4G dimana akan lebih menguntugkan baik operator dan pengguna.

Jumlah Pengguna 3G Menurun

Tentu dengan adanya 4G yang lebih baik baik kecepatan dan paket yang murah, masyarakat kini lebih menggunakan 4G sebagai jaringan sekarang. Dengan hal ini, pengguna jaringan 3G kian menurun.

Hal ini benar bila kita lihat dari riset oleh OpenSignal. Dilansir dari Kompas, walaupun jumlah pengguna 3G menurun masih ada sebagian masyarakat masih mengandalkan 3G. 

Ada 3 faktor pengguna 3G masih ada berdasarkan OpenSignal:

1. Perangkat sudah mendukung 4G namun belum mengupgrade kartu ke 4G.

2. Beberapa pengguna belum memiliki perangkat atau HP yang diperlukan.

3. Belum terjangkaunya sinyal 4G dibeberapa daerah.

Dari beberapa faktor diatas, memang penghapusan 3G bisa berdampak baik. Namun bagaimana nasib HP 3G atau jadul nanti? apakah benar – benar tidak bisa digunakan untuk komunikasi?

Nasib HP 3G (Jadul)

Smartphone Jadul
Smarphone Jadul | Dari FoxNews

Bila jaringan 4G sudah dihapus, HP dengan kemampuan menangkap jaringan sebatas 3G tidak akan bisa mendapat sinyal 3G lagi. Namun dilansir dari Kompas, hanya jaringan 3G yang dihapus makanya nanti hanya ada tiga jenis jaringan yang tersedia yakni 2G, 4G dan 5G.

HP jadul masih ada harapan bisa dipakai karena masih dapat menangkap sinyal 2G. Untuk penggunaan telepon dan SMS masih bisa digunakan secara normal.

Namun untuk koneksi internet nanti hanya mengandalkan sinyal 2G dimana lebih lambat lagi dibanding 3G. Misal untuk WA atau aplikasi chatting lainnya akan lebih lambat daripada biasanya.

Alhasil untuk tetap terhubung dengan biaya komunikasi lebih murah (WA, Messenger, dll), pengguna 3G disarankan pindah ke 4G bisanya. Namun bila anda menggunakan telp dan SMS, penghapusan ini tidak terlalu berpengaruh harusnya.

Akhir Kata

Penghapusan 3G di Indonesia membawa beberapa manfaat baik pihak penyedia seperti alokasi bandwidth bekas 3G untuk 4G dan kita pihak pengguna mendapat sinyal dan kecepatan yang lebih berkualitas (harapannya).

Namun beberapa kendala bisa dirasakan untuk sebagian pengguna contoh untuk para pengguna HP jadul yang harus upgrade HP dan kartu serta masyarakat yang belum merasakan sinyal 4G yang masih menunggu keberadaan sinyalnya.

Makanya kebijakan Pemerintah menghapus 3G masih dalam tahap perencanaan. Namun operator Telkomsel dan XL kabarnya sudah lebih dulu menjalankan penghapusan 3G ini secara bertahap sampai akhir tahun nanti.

Referensi 1 | 2

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *